Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKLAN ATAS POSTINGAN

Fungsi dan Cara Kerja Komponen CVT Motor matic

Fungsi dan Cara Kerja Komponen CVT

Berikut adalah fungsi dan cara kerja komponen CVT pada kendaraan sepeda motor.

1. Primary Sliding Sheave (Pulley Bergerak)

Puli primer adalah puli yang terhubung dengan putaran poros engkol. Pada puli primer terdapat dua puli, yaitu puli tetap dan puli bergerak, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Puli Primer

Di dalam puli tetap terdapat cam dan pemberat (roller weight) yang berfungsSI sebagai mekanisme pendorong puli bergerak. Ketika putaran tinggi karena adanya gaya sentrifugal pemberat akan mendorong puli bergerak sehingga diameter puli membesar. Puli primer adalah merupakan rangkaian komponen yang dapat dibongkar, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Komponen Puli Primer

Membuka dan menutupnya cakram pada pulley bergerak berfungsi mengubah perbandingan transmisi. Prinsip yang digunakan adalah prinsip gaya sentrifugal pada pemberat. Saat berputar cepat, pengerak seakan – akan dibuang keluar dan karena ditahan maka akan mengeser Slider yang menggerakkan cakram pada pulley bergerak.

2. Puli Sekunder

Puli Sekunder adalah puli yang terhubung dengan poros roda belakang. Konstruksi puli sekunder/Secondary fixed sheave (pulley tetap) dan secondary sliding sheave (pulley bergerak) adalah seperti gambar di bawah.

Puli Sekunder

seperti puli primer, puli sekunder merupakan rangkaian komponen yang dapat dibongkar (dilepas) komponen-komponen, seperti gambar di bawah

Komponen Puli Sekunder

Ketika putaran mesin sudah tinggi dan diameter pulli primer mulai membesar, secara otomatis belt akan seolah-olah tertarik ke arah depan. Hal ini akan mendorong pulli bergerak pada pulli sekunder sehingga diameter pulli sekunder menjadi lebih kecil.

3. Torsi Cam

Torsi cam adalah mekanisme otomatis yang berfungsi menaikkan torsi roda belakang ketika menanjak atau akselerasi spontan. Sensor torqueperangkat ini dapat membuat sliding sheave/piringan yang dapat bergeser secara otomatis bekerja jika torsi gaya putar yang besar diperlukan, misalnya pada kondisi mendaki atau penambahan kecepatan.

Prinsip kerja dari torsi cam adalah sebagai berikut.

a. Kondisi Putaran Rendah (Beban Ringan)

Posisi Torsi cam pada putaran rendah

b. Kondisi Ketika menanjak/mendaki dan akselerasi

 

posisi cam pada saaat akselerasi

4. Kopling Sentrifugal

 

Gambar Kopling sentrifugal

 

Kopling sentrifugal berfungsi menghubungkan putaran mesin menuju roda belakang. Cara kerja kopling sentrifugal mengacu pada gaya sentrifugal. Adanya putaran mesin akan mengakibatkan sepatu kopling terlempar keluar dan terhubung dengan rumah kopling sehingga rumah kopling ikut berputar. Berputarnya rumah kopling juga akan memutar roda belakang.


Posting Komentar untuk "Fungsi dan Cara Kerja Komponen CVT Motor matic"