Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKLAN ATAS POSTINGAN

Cara Mudah & Cepat Memperbaiki Aki Kendaraan Yang Rusak

Cara memperbaiki aki kering yang soak atau rusak pada dasarnya cukup mudah. Tapi, akan lebih baik jika aki kendaraan dirawat dengan baik sehingga tidak sampai  air aki mengering. Aki (Accumulator) atau alat penyimpan energi listrik pada mesin kendaraan menjadi bagian utama pada sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan bermotor atau mobil. Aki kendaraan secara umum terisi oleh air aki, karena aki digunakan terus menerus sehingga air aki sering mengering. Alasan inilah yang membuat para pemilik aki perlu mengetahui cara memperbaiki aki kering kendaraan supaya jika terjadi masalah pada aki bisa mengatasinya.

Aki kering yang soak atau rusak sering membuat kendaraan macet atau mogok dan kelistrikan mesin bekerja tidak optimal. Pendapat tersebut membuat perawatan aki sangat penting bagi pemilik kendaraan bermotor atau mobil. Nah, berikut ini adalah informasi yang perlu diketahui seputar cara memperbaiki kerusakan aki pada kendaraan bermotor.

Cara Mudah & Cepat Memperbaiki Aki Kendaraan Yang Rusak
 

Cara Memperbaiki Aki Kering  yang Soak

Seorang pemilik kendaraan sering tidak memperhatikan kondisi akinya sehingga tidak jarang kondisi aki kering kendaraan tidak diketahui keadaannya. Kebanyakan orang pemilik kendaraan juga tidak mengetahui cara perbaikan aki kering sehingga perlu mempelajarinya lebih lanjut lagi.

Jumper

Cara memperbaiki aki kering kendaraan yang pertama bisa dilakukan dengan teknik jumper. Teknik jumper adalah perbaikan aki kendaraan yang memakai sarana alat bantu berupa kabel jumper. Alat jmper bisa dimiliki setiap pemilik kendaraan dengan mencarinya di toko aksesoris dan perlengkapan kendaraan.

Ketika kita memiliki alat jumper sendiri maka kita tidak akan bingung saat aki kering yang soak. Perlu diketahui juga bahwa pemakaian alat jumper harus dengan hati-hai dan konsentrasi penuh supaya tidak terjadi konslet. Pemilik kendaraan juga harus paham cara kerja alat jumper ini.

Charger transformer

Cara memperbaiki aki kering kendaraan yang rusak selanjutnya adalah dengan sebuah alat yang disebut charger transformer. Charger transformer ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan adaptor smartphone yaitu mengisi daya listik aki kendaraan.

Alat adaptor ini bisa ditemukan di berbagai penjualan alat elektronik, toko otomotif dan biasa dipakai pada jasa isi cas aki. Bagi pemilik kendaraan yang tidak memiliki kedua alat diatas bisa juga memilih cara terakhir dengan membawa kendaraan ke tukang service atau bengkel supaya lebih mudah ditangani oleh para tenaga ahli.

 

Ciri-Ciri Aki  Kendaraan Rusak

Pemilik kendaraan motor atau mobil pastinya tau jika kendaraan dilengkapi aki agar bisa mengeluarkan energi listrik. Secara umum, aki motor atau mobil menggunakan air sehingga untuk pemakaian dalam jangka panjang dan terus menurus aki kendaraan bisa kering.

Dalam hal ini, selain harus mengetahui cara memperbaiki aki kering yang rusak, pengemudi kendaraan juga harus tau ciri-ciri aki kendaraan yang rusak. Dengan demikian, pengemudi bisa langsung memperbaikinya jika masalah ini terjadi.

Kebanyakan pemilik motor atau mobil tidak memperhatikan aki kendaraanya karena letaknya yang ada di dalam mesin dan tidak terlihat secara langsung oleh pengemudi. Padahal, kondisi aki sepatutnya diperhatikan supaya tidak terjadi mogok atau kerusakan secara tiba-tiba pada kendaraan.

Mesin Sulit Dinyalakan

Kondisi paling umum bagi kendaraan yang akinya sudah rusak adalah mesin sulit dinyalakan. Kendaraan yang akinya sudah rusak akan mogok dan cenderung tersendat-sendat saat dihidupkan.

Suara Klakson Yang Lemah

Ciri berikutnya dari aki yang mengalami kekeringan atau rusak adalah peforma klakson kendaraan yang tidak lagi maksimal. Kebanyakan aki rusak menyebabkan suara klakson menjadi lemah tidak sekuat biasanya dan semakin berat. Suara klakson yang lemah ini dapat membahayakan kendaraan bila terus diabaikan.

Lampu Kendaraan Yang Meredup

Kondisi kendaraan yang perlu diperhatikan selain klakson lemah adalah lampu kendaraan yang meredup. Kedua hal tersebut akan berakibat fatal jika terus diabaikan oleh pengemudi karena akinya yang rusak. Ciri lain kekeringan pada aki adalah bodi utama aki bertengger menjadi lebih gemuk atau menggelembung.

 

Tips Merawat Agar Aki Kering Dapat Awet Dan Berumur Panjang

Pemilik motor dan mobil juga perlu menerapkan berbagai tips perawatan aki supaya aki kendaraan bisa lebih awet dan berumur panjang. Teknik perawatan dasar yang penting dilakukan pemilik kendaraan beraki adalah membersihkan aki kendaraan secara berkala atau teratur.

Pembersihan aki bisa dilakukan dengan mengelapnya beberapa minggu sekali. Tujuan dari melakukan pembersihan adalah mencegah cairan aki kendaraan tumpah dan merusak bodi kendaraan serta menjaga kondisi dari kedua terminal aki positif dan negatif agar tetap dalam kondisi bersih.  Pada dasarnya pembersihan ini sangatlah penting dilakukan.

Cara perawatan aki kendaraan selanjutnya bisa dilakukan dengan pengecekan aki secara berkala. Mengecek tegangan aki kendaraan berguna untuk memastikan apakah cairan ataupun voltase aki kendaraan masih atau sudah habis.

Pemilik kendaraan yang rutin melakukan pengecekan aki akan mudah mengontrol kapan tegangan aki habis dan kapan waktunya pengecasan aki kendaraan harus dilakukan. Aki umumnya membutuhkan perbaikan beberapa periode secara berkala. Perawatan semacam ini dapat dilakukan tenaga ahli jika pemilik kendaraan kesulitan dalam penanganan aki.

Tips merawat aki kendaraan lainnya yang paling penting dilakukan adalah tidak menyalakan AC maupun lampu hingga audio mobil ketika kendaraan tidak dihidupkan.

Penggunaan aki secara boros seperti ini bisa membuat aki cepat rusak dan cenderung kering lebih cepat. Aki kendaraan yang sering digunakan akan semakin cepat aus.

 

Tips Agar Aki Berfungsi Secara Maksimal

Setelah mengetahui cara memperbaiki aki kendaraan, selanjutnya Anda juga perlu memahami beberapa tips supaya aki kendaraan berfungsi dengan maksimal. Pengetahuan semacam ini perlu dipahami dengan baik oleh pemilik kendaraan supaya tidak terjadi kerusakan aki yang lebih cepat.

Kebanyakan orang indonesia menganggap kendaraan yang tidak pernah digunakan maka akan cenderung lebih awet. Anggapan seperti itu sebenarnya malah kebalikannya, dimana aki kendaraan akan rusak dengan sendirinya jika tidak digunakan. Ketika terlalu lama tidak digunakan, maka aki akan otomatis aus atau rusak ketika dipakai di kemudian hari.

Beberapa alasan tersebutlah yang menjadikan pentingnya dilakukan pemanasan kendaraan secara berkala atau teratur. Tidak jarang juga kendaraan perlu dipakai berkeliling walaupun sebentar untuk lebih memaksimalkan pemanasan mesin kendaraan.

Berkaitan dengan itu, ada juga pendapat yang mengatakan jika pemanasan kendaraan hanya diam tanpa bergerak bisa menambah faktor kerusakan pada aki kendaraan. Alasanya adalah energi listrik yang dikeluarkan oleh aki  terlalu banyak tanpa diproses menjadi energi gerak sehingga aki cepat  aus atau rusak.

 

Alat yang Diperlukan untuk Merawat Aki

Faktor utama kendaraan motor atau kendaraan mobil yang mogok sering dikait-kaitkan dengan aki yang rusak. Pengendara motor atau mobil yang menggunakan aki untuk energi kelistrikannya harus paham betul bagaimana cara memperbaikinya.

Cara pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada aki adalah menyiapkan alat dan bahan untuk perbaikan. Alat yang diperlukan antara lain adalah obeng untuk membuka maupun tutup aki. Alat berikutnya adalah cairan pengisi ulang aki (jika mengunakan aki basah) serta alat pembersih pul terminal positif dan negatif untuk berjaga-jaga.

Saat memperbaiki aki kendaraan tipe basah yang rusak juga harus menyiapkan kain lap supaya cairan aki yang jatuh tidak tercecer. Ketika memasukkan cairan kedalam aki juga diperlukan suntikan yang biasanya dipakai untuk mengisi tinta printer untuk lebih memudahkan pengisian.

Yang kedua pembersihkan aki ini bisa dilakukan dengan kain lap yang dibasuhkan secara merata ke bagian aki yang kotor terutama pada bagian pul terminal positif dan negatif, pastikan tidak ada kerak atau kotoran yang menempel pada kedua terminal tersebut, karena jika ada kerak akan membuat aliran daya aki menuju mesin kendaraan akan cenderung berkurang. Namun, perlu diingat untuk tidak membersihkan permukaan aki dengan minyak karena ini akan cenderung membuat aki semakin menjadi kotor dan malah membuat debu menempel pada aki.

 

Sebenarnya sangat mudah bukan cara merawat aki kendaraan ini supaya tidak rusak, demikian juga cara memperbaikinya. Namun, perlu di ingat saat memperbaiki atau menggantinya, jika Anda merasa kesulitan, maka segera dapat meminta tolong pada ahlinya atau bengkel kepercayaan anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah & Cepat Memperbaiki Aki Kendaraan Yang Rusak"