Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKLAN ATAS POSTINGAN

Soal + Jawaban PKK Kelas 12 Bab Peluang Usaha dan Perencanaan Produk Kreatif

1. Sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam kegiatan ekonomi adalah pengertian dari . . . .

a. Ekonomi pengetahuan

b. Ekonomi kreatif

c. Ekonomi masyarakat

d. Ekonomi penduduk

e. Ekonomi utama

 

2. Berikut ini adalah subsektor industri kreatif kecuali . . . .

a. Aplikasi dan pengembangan permaianan

b. Arsitektur

c. Desain produk

d. Pertanian

e. Fashion

 

3. Berikut ini adalah subsektor industri kreatif kecuali . . . .

a. Film

b. Kriya

c. Pertambangan

d. Musik

e. Periklanan

 

4. Subsektor ekonomi kreatif memiliki peranan yang penting dari sisi kebudayaan dan pembangunan. Dari sisi industri pembangunan, arsitektur berperan dalam perancangan pembangunan sebuah kota dan perangkatnya. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Film

b. Arsitektur

c. Kriya

d. Musik

e. Periklanan

 

5. Mengkreasikan sebuah produk dengan menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga memiliki nilai tambah bagi masyarakat. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Kriya

b. Periklanan

c. Fashion

d. Desain produk

e. Arsitektur

 

6. Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain busana, alas kaki, dan aksesori mode lainnya sesuai dengan pekembangannya dari waktu ke waktu. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Kriya

b. Periklanan

c. Fashion

d. Desain produk

e. Arsitektur

 


7. Ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dengan memanfaatkan elemen visual sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu. Industri ini berhubungan dengan desain yang mengarah pada kebutuhan komunikasi. Salah satu contohnya adalah desain grafis. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Kriya

b. Periklanan

c. Fashion

d. Desain produk

e. Desain Komunikasi Visual

 

8. Segala kerajinan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil yang dibuat serta diperjualbelikan. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Kriya

b. Periklanan

c. Fashion

d. Desain produk

e. Desain Komunikasi Visual

 

9. Sebuah proses atau kegiatan yang menghasilkan suatu seni berupa gambar atau foto dengan memanfaatkan media cahaya dengan menggunakan sebuah alat. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Kriya

b. Periklanan

c. Fotografi

d. Musik

e. Film

 

10. Industri yang berkonsentrasi memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Kriya

b. Periklanan

c. Fotografi

d. Musik

e. Penerbitan

 

11. Karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Kriya

b. Seni rupa

c. Fotografi

d. Musik

e. Penerbitan

 

12. Jasa perancangan mulai dari interior hunian, hotel, hingga perkantoran ataupun kebutuhan dekorasi interior untuk gedung lainnya. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Kriya

b. Seni rupa

c. Fotografi

d. Disain interior

e. Penerbitan

 

13. Erik Tohir adalah pengusaha sukses asal Indonesia pemilik club sepak bola inter milan. contoh penusaha tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. televisi

b. Seni rupa

c. Fotografi

d. Musik

e. Penerbitan

 

14. Pengolahan masak-memasak yang menghasilkan makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang diproduksi dapat diperjualbelikan dengan berbagai konsep, seperti kafe, restoran, toko, warung, booth, dan sebagainya. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. Televisi

b. Kuliner

c. Fotografi

d. Musik

e. Penerbitan

 

15. Perangkat lunak yang diciptakan untuk menyelesaikan suatu masalah dan membantu aktivitas penggunanya. Perangkat lunak juga dapat dikembangkan untuk membangkitkan tantangan dan bermain untuk berbagai tujuan, seperti hiburan, simulasi, dan pendidikan. Penjelasan tersebut adalah subsektor industri kreatif bidang . . . .

a. elevisi

b. Aplikasi dan pengembangan permaianan

c. Fotografi

d. Musik

e. Penerbitan

 

Jawaban :

1. B                        6. C                        11. B

2. D                        7. E                         12. D

3. C                        8. A                        13. A

4. B                        9. C                        14. B

5. D                        10. E                      15. B


orang lain juga membaca : 

Soal + Jawaban PKK Kelas 12 Bab Dasar-Dasar Kewirausahaan

Note : Materi soal diambil dari Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas 12 SMK/MAK Penerbit Erlangga (Komptensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran, Akuntansi dan Kuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran, Perbankan dan Keuangan Mikro, Perbankan Syariah)

 

Posting Komentar untuk "Soal + Jawaban PKK Kelas 12 Bab Peluang Usaha dan Perencanaan Produk Kreatif"