Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKLAN ATAS POSTINGAN

Cara Kerja Mesin 2 Tak atau 2 Langkah (2 Stroke)

Mesin 2 tak adalah salah satu mesin yang paling populer karena konstruksi yang sederhana sehingga dapat diproduksi secara mudah dan murah. Mesin 2-tak ini tidak memakai klep atau valve dan noken as atau camsaft, keunggulan ini membuat mesin 2-tak menjadi ringan dan lebih mudah untuk diproduksi. Disebut 2-tak karena ada dua langkah di setiap siklusnya dan terjadi dua proses pada setiap langkahnya.

Langkah Pertama
Langkah yang pertama adalah bergeraknya piston dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), pada langkah ini terjadi penurunan tekanan pada krengkes atau ruang bagian bawah piston, sehingga campuran bahan bakar, udara dan oli samping terhisap masuk ke dalam krengkes, di saat yang bersamaan ketika piston menutup saluran buang atau exhaust port. Pada bagian atas piston terjadi kompresi karena pada langkah ini terjadi penurunan volume ruang bakar sehingga campuran bahan bakar udara dan oli mengalami kenaikan tekanan dan temperatur. Sesaat sebelum piston mencapai titik mati atas busi mengeluarkan percikkan api menyebabkan dimulainya Langkah kedua 

Langkah Kedua
Langkah kedua terjadi pembakaran atau ledakan di ruang bakar menghasilkan tekanan yang sangat besar menyebabkan terdorongnya piston dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) menggerakkan piston menyebabkan kenaikan tekanan pada krengkes sehingga ketika transfer port terbuka campuran udara, bahan bakar dan oli yang ada di bagian bawah piston terdorong masuk ke ruang bakar melalui transport. Campuran udara, bahan bakar dan oli yang masuk ke ruang bakar akan mendorong  gas sisa pembakaran menuju keluar dari ruang bakar.  Selanjutnya kembali lagi ke langkah pertama di mana piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas dan terjadi proses hisap dan tekan. 

Jadi langkah pertama adalah hisap dan kompresi dan Langkah kedua adalah ekspansi dan buang siklus ini terjadi sangat cepat jika mesin berputar pada 100 RPM maka situs ini juga terjadi sebanyak 100 kali dalam satu menit 

Mesin 2 tak memiliki keunggulan teknis berupa bobot yang ringan karena tidak memiliki camsaft dan valve juga memiliki tenaga yang besar karena menghasilkan tenaga di setiap putaran mesin.

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Mesin 2 Tak atau 2 Langkah (2 Stroke)"