Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKLAN ATAS POSTINGAN

Cara Kerja Mesin 4 Tak atau 4 Langkah (4 Stroke)

Mesin 4-tak merupakan mesin yang paling populer karena efisiensinya, disebut mesin 4-tak karena ada 4 langkah gerakan piston di setiap siklusnya.

Langkah Hisab
Langkah pertama adalah hisab langkah ini bertujuan untuk memasukkan campuran udara dan bahan bakar ke ruang bakar, langkah ini diawali dengan bergeraknya piston dari titik mati atas atau TMA ke titik mati bawah atau TMB dengan kondisi katup buang atau ekhaust yang tertutup dan katup masuk atau intake port yang terbuka, gerakan piston ini menyebabkan tekanan di ruang bakar berkurang sehingga campuran udara dan bahan bakar dari atmosfer yang bertekanan lebih tinggi masuk ke dalam ruang bakar.

Langkah Kompresi
Langkah kedua adalah tekanan atau kompresi, langkah ini diawali dengan tertutupnya katup hisap dan katup buang dibarengi dengan bergeraknya piston dari di titik mati bawah ke titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), campuran udara dan bahan bakar yang terjebak di ruang bakar mengalami penurunan volume mengakibatkan naiknya tekanan dan suhu sesaat sebelum piston mencapai titik mati atas busi menyalakan bunga api mengakibatkan dimulainya proses pembakaran.

Langkah Usaha
Langkah ketiga adalah ekspansi atau usaha, langkah ini dimulai dengan bertambahnya volume udara diruang ruang bakar diawali dengan ledakan yang menyebabkan piston terdorong kembali dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) langkah ini disebut juga langkah power dimana energi kimia pada bahan bakar berubah menjadi gerakan.

Langkah Buang
Langkah keempat adalah buang atau exhaust diawali dengan terbukanya katup buang atau exhaust valve dibarengi bergeraknya piston dari titik mati bawah (TMB) menuju ke titik mati atas (TMA) menyebabkan udara sisa pembakaran terbuang keluar.

Jadi 4 Langkah pada mesin 4 tak adalah hisap, tekan, ekspansi, dan buang lalu kembali lagi ke langkah hisap dan begitu seterusnya.

Langkah-langkah ini terjadi sangat cepat jika mesin berputar pada 1000 rpm, berarti siklus 4 tak hanya terjadi sebanyak 500 kali dalam 1 menit.

Sekian dulu penjelasannya silakan komen jika ingin bertanya wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Mesin 4 Tak atau 4 Langkah (4 Stroke)"