Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IKLAN ATAS POSTINGAN

Penyebab Kerusakan pada Sistem Penggerak Rantai Sepeda Motor

Berbagai Macam Gangguan pada Sistem Penggerak Sepeda Motor

Pada umumnya gangguan pada rantai sepeda motor jenis bebek dan sport berbeda dengan gangguan yang dialami oleh rantai motor matic. Pada dasarnya, berbagai macam gangguan pada rantai penggerak motor akan membuat laju kendaraan tersendat. Berikut merupakan contoh berbagai macam gangguan pada rantai sepeda motor.

Gangguan Sistem Penggerak rantai Sepeda Motor

Pada umumnya, kerusakan atau gangguan yang disebabkan oleh rantai dan gear sepeda motor dapat ditandai dengan suara bunyi. Bahkan ada beberapa kasus rantai terlepas dari gear belakang. Berikut beberapa gangguan rantai dan gear pada sepeda motor tipe bebek.

Suara Rantai Berbunyi

Pada umumnya, ada tiga hal yang menjadi penyebab rantai sepeda motor berbunyi, antara lain sebagai berikut.

1) Rantai Motor Kendur

Rantai motor yang kendur biasanya disebabkan beberapa hal berikut.

A) Penyetelan rantai  sepeda motor yang kurang pas.

B) Kondisi jalan yang tidak stabil contoh naik turun gunung atau jalan bergelombang.

C) Penggunaan sepeda motor yang tidak sesuai, contohnya seperti kelebihan beban angkut dan kebutkebutan.

Rantai yang kendor dapat menimbul- kan suara pada motor karena posisi rantai tidak pas dengan gear rantai.

2) Rantai Motor Kering

Sepeda motor yang sering digunakan setiap hari akan membuat pelumas pada rantai akan aus. Hal tersebut akan membuat rantai sepeda motor kering dan akan mengeluarkan bunyi.

3) Rantai Motor Aus

Seiring berjalannya waktu, rantai sepeda motor yang sering digunakan akan membuat rantai aus.



Kondisi Gear yang Sudah Aus

Gear merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kinerja rantai sepeda motor. Apabila gear mengalami gangguan, secara otomatis rantai juga mengalami gangguan. Gear yang aus biasanya dapat dilihat dari beberapa indikator antara lain ujungnya yang sudah lancip, lekukannya mulai dalam dan berwarna gelap. Serta lebar lekungan dan sudut tajam mulai tak sama. Apabila muncul suara pada rantai sepeda motor maka masalahnya adalah gear mengalami keausan. Keausan pada gear sendiri disebabkan karena beberapa hal, antara lain sebagai berikut.

1) Kebiasaan Melakukan Pengereman Mendadak

Terlalu sering melakukan pengereman mendadak akan memengaruhi kondisi gear sepeda motor cepat aus. Hal ini sering kali dilakukan oleh para pengendara jika melewati polisi tidur dengan jarak  pengereman terlalu dekat.

2) Sering Tergenang Air Hujan

Gear dan rantai Sepeda motor yang sering terkena hujan dan melalui jalanan dengan genangan air akan membuat gear dan rantai mengalami keausan yang lebih cepat. Rantai sepeda motor akan kotor dan berdampak pada terganggunya gear. Gear pun juga menjadi kotor dan mengering karena pelumasnya sudah bercampur dengan genangan air hujan beserta kotoran. Sebaiknya langsung dibersihkan dan beri pelumas pada bagian motor yang diperlukan, seperti halnya rantai atau gear.

3) Jarang Diberi Pelumas.

Penyebab gear motor bunyi berikutnya ialah karena jarang diberi pelumas gear. Pemberian pelumas gear dan rantai juga harus diperhatikan waktu yg sesuai. Jika sudah kelihatan kering pada rantai dan gear dan tak enak lagi saat dikendarai, segeralah lakukan penangana dengan cara penyetelan rantai jika dirasa peru lalu berikan pelumas rantai yang sesuai.

4) Pemakaian Terlalu Kasar

Menggunakan motor dengan cara ugal-ugalan juga memicu kerusakan pada sejumlah bagian pada motor. Kebiasaan seperti ini sebenarnya dapat dihindari dengan dimulai dari faktor internal, yakni kemauan dari dalam diri sendiri. Biasanya, masalah pada gear depan dapat ditandai dengan adanya bunyi. Mungkin saja bagian rantainya juga sudah mulai kendur sehingga menyebabkan suara dan ketidaknyamanan saat berkendara.

5) Komponen Rantai Sudah Kendur.

Rantai sepeda motor yang mulai kendur biasanya akan menimbulkan bunyi-bunyian yang tidak enak untuk didengar. Komponen yang menyebabkan kendur bukan hanya rantai tapi gear yang sudah aus menyebabkan rantai terlihat kendur.

6) Bagian Rantai Sudah dalam Keadaan Kering

Penyebab gear sepeda motor bunyi selanjutnya ialah rantai sudah mengering. Kondisi komponen rantai yang sudah mulai kering akan mengakibatkan benturan antara bagian besi gear dan juga bagian besi rantai sehingga menciptakan bunyi. Ketika bagian-bagian ini mulai mengering, biasanya akan ditandai dengan timbulnya karat pada permukaan-permukaan besinya.

7) Bagian Gear Sudah Kotor

Debu yang menempel sedikit demi sedikit setiap hari, lama kelamaan akan menumpuk di berbagai bagian motor dan sering kali mengganggu performa dari motor itu sendiri. Debu juga dapat membuat gear menjadi berbunyi. 

8) Sering Melewati Jalanan Ekstrem atau Rusak

Guncangan yang setiap saat bisa Anda alami sepanjang hari saat mengendarai sepeda motor tentu akan berpengaruh dan berakibat pada terjadinya kekenduran dari bagian-bagian motor secara umum. Guncangan saat melewati jalan ekstrim tersebut dapat  membuat rantai menjadi begitu cepat kendur.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kerusakan pada Sistem Penggerak Rantai Sepeda Motor"